hardisk eksternal seagate tidak terbaca

Cara mengatasi Hardisk eksternal seagate tidak terbaca 
Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. 

Hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat menyimpan data secara permanen walaupun komputer atau laptop anda dimatikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.

Sebelum bisa di gunakan hardisk harus terlebih dahulu di partisi sesuai dengan format sistem operasi yang di gunakan, contoh dalam windows format partisi pada hardisk biasanya jenis NTFS. mengapa format penting untuk di lakukan  ? karena agar sistem operasi bisa mengenali dan menggunakan hardisk sesuai dengan format yang sesuai dengan sistem operasi tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu fungsi hardisk akan semakin lemah, apalagi kita tidak pernah melakukan perawatan terhadap hardisk tersebut, salah satu maslah yang sering kita temui pada kerusakan haerdisk yaitu adanya peringatan Hardisk minta di Format.

Sebelum saya tahu cara ini, saya juga sempat kebingungan terlebih semua data-data penting ada dalam hardisk tersebut. Berbagai cara memperbaiki hardisk telah saya lakukan sesuai kemampuan saya, namaun hasilnya Nihil dan saya sempat mau menyerah.

Namun setelah beberapa hari saya mencoba mencarinya di internet dan alhamdulilah berhasil dan data sayapun yang ada dalam hardisk tersebut bisa terselamatkan. untuk mengingat hal itu sayapun menulis kembali leawat artikel yang mudah2an nantinya bisa bermanfaat bagi yang mengalami masalah yang sama seperti saya.

2 Cara mengatasi Hardisk Eksternal Error Minta di Format

Adapun acara yang pernah saya lakukan untuk memperbaiki kerusakan pada hardisk tersebuat ada 2 cara, semoga ini juga bisa menjadi referensi buat adanda yang mempunyai masalah hardisk error minta format disk. 

1. Dengan Menggunkan CMD

a. Cek berada dipartisi apakah hardisk anda, E / F / G ataukah I, mungkin itu tergantung partisi di komputer atau laptop anda.

b. Klik Start, jika anda menggunakan windows 7 maka anda bisa ketik cmd lalu enter. Untuk windows versi lainnya silahkan anda masuk ke CMD.


c. Lalu anda ketik CHKDSK spasi /r /f L: (L adalah lokasi partisi hardisk anda.)

d. Lalu enter, tunggu hingga proses selesai. Hasilnya bisa dilihat berhasilkah hardisk eksternal anda diperbaiki ataukah sebaliknya.

2. Dengan Manual Chek Properties

Cara memperbaiki hardisk eksternal yang kedua adalah dengan cek properties dari hardisk eksternal anda, berikut caranya seperti dalam gambar:

Jika hardisk anda berhasil di check maka kondisi hardisk anda pasti kembali normal, hal ini pernah saya lakukan dulu dan berhasil, namun kondisi sekarang hardisk eksternal saya tidak dapat di check dan hasilnyapun tidak memuaskan. Coba hardisk anda cek, jika berhasil di cek berarti itulah cara tepat anda dan anda terselamatkan dengan hardisk eksternal anda kembali berfungsi normal.

Jika cara di atas masih tidak bisa menyelamatkan hardisk anda, sebaiknya anda langsung mendatangi service center saja mungkin Itulah cara terbaik untuk memperbaiki Hardisk Eksternal Error Minta di Format dengan peringatan local disk atau data corrup dan sebagainya.

Demikianlah artikel saya kali ini, mengenai 2 Cara mengatasi Hardisk Eksternal Error Minta di Format, Semoga bermanfaat. Terima Kasih semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "hardisk eksternal seagate tidak terbaca"

Post a Comment